24 Nov 2009

[Tahukah Anda?] ini tentang Flash Disk




Tahukah anda bahwa sebuah flash disk itu perlu perhatian juga.. :) Saya akan sedikit memberi tips ringan nan crispy (kriuk-kriuk) tentang bagaimana cara memberi perhatian kepada flash disk.. mungkin sedikit terlihat "aah becanda aja lo may" tapi it's true,guys..kalo ga percaya silahkan cari tips-tips yang sejenis ditempat lain.. hehehe.. kalau ga diterapin ya gapapa.. kalau diterapin ya syukur lah.. tandanya tipsnya berguna.. hehehhee..
check this out :

1. Jauhkan Dari Medan Magnet Kuat
Barang-barang elektronik seperti dinamo,speaker, tv dan handphone sangat ga bagus untuk flash disk. Untuk itu jangan pernah menyimpannya di dekat barang-barang sejenis yang memiliki kekuatan magnet besar. Terkadang kita sering lupa jika meletakkan flash disk dan hand phone di tempat sama dalam tas. Nah mulai saat ini, kalau pingin flash disk kalian berumur panjang, jangan lagi menyimpannya ditempat sama ya?! kalo lupa.. ya jangan sering2 lupa..

2. Jangan Terkena Air
Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Daripada data kalian hilang, mendingan tidak ambil resiko kan? ^^

3. Virus Scan
Saat Pengambilan data atau pemindahan dari dari pc ke flash disk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer. Apalagi kalau kita mengambil dan menyimpan data dari internet. Waduh flash disk kalian bisa dipenuhi virus-virus pengganggu. Makanya, jangan lupa untuk melakukan ritual wajib yaitu scan virus secara berkala dengan software anti virus yang tersedia. dan kalau flash disk sudah terkena virus dan (kepepet) harus colok ke laptop atau komputer orang lain silahkan buka melalui explore jangan lgsg di open..

4. Proses Eject atau Stop
Selalu melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Selain bisa menjadikan flash disk rusak, tidak melakukan proses eject atau stop juga dapat mempengaruhi file-file data yang kalian simpan di dalamnya.

5. Jauhkan Dari Tempat Panas
Semua barang elektronik tak terkecuali flash disk sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Jadi usahakan tidak menyimpannya ditempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil.. apalagi diajak berjemur dipantai.. hihihii *kriuk kriuk*

6. Hindari Benturan Keras
Coba rasain kalau kalian jatuh dari lantai 12, kalian bisa jadi harus masuk rumah sakit atau bahkan masuk ke "rumah masa depan". Begitu juga dengan flash disk. Jadi jagalah flash disk kalian baik-baik dari benturan keras...

7. Tutup si flash disk dengan tutupnya (yaiyalah >.<")
Udara dan lingkungan kita penuh dengan debu dan kotoran. Jika socket flash disk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Makanya selalu tutup biar nggak kotor, jangan malah diilangin tutupnya!! *sbnrnya yang nulis punya flash disk tutupnya sih ilang.. hehehe dulu waktu jaman masih care (banget) sm flash disk, pas tutupnya ilang sampe dibuatin tutup2an pake kertas hohoho..

8. Minimalisir proses hapus-tulis...
Sama seperti kita, flash disk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flash disk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flash disk berbeda-beda, tergantung kualitas dan merk dari flash disk itu sendiri. Biasanya usia flash disk (katanya) antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga mengedit langsung dari flash disk.

9. Defrag flash disknya.
Jika ada waktu defrag flash disk agar struktur data di dalam flash disk bisa diatur agar kinerja flashdisk kita lebih optimal.

Silahkan Dicoba dan selamat merawat flashdiskny.. ^^

4 comments:

Wulan Aquariyanti said...

canggih!

.:Kinanti:. said...

halah canggih... tp manage blog ny tetep aja hrs konsultasi.. hahahaha..
try this at home..

Yoseph said...

ada lagi may..Manage flashdisk dgn cluster yg paling bsar...pilih aja yg allocation unit size dg yg paling gede, 16K ato 32K atow 64K..

.:Kinanti:. said...

iy betul tuh.. ehuehuhe.. biar chipset di flashdisk ga berat ato cepet panas dan jaga2 utk ngehindar dari bad sector..

Post a Comment

 
Copyright 2009 I'm Writing About Knowledge. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree