6 Dec 2009

RT-RW net

Pernah dengar kata-kata RT/RW Net kah kalian?
kalau belum, sehabis baca ini pasti sudah.. ^^ RT/RW net itu..dari kata-katanya saja sudah bisa mencerminkan bahwa itu sudah pasti hanya dibuat disekitar RT/RW di lokasi rumah kalian saja, dimana secara mudahnya, ada satu RT bahkan RW yang saling bekerja sama untuk membuat satu jaringan internet yang bisa di sharing KHUSUS hanya yang "mendaftar" contoh.. RT 1 RW 5 membuat satu jaringan internet dan yang bisa mengakses hanya penghuni rumah yang berada di RT1 RW 5 itu saja. biasanya RT/RW net ini dibuat untuk menekan biaya yang besar.
waktu itu rumah saya pernah membuat RT/RW net ini, jadi konsep yang kita buat adalah,
satu rumah dijadikan pusat jaringan, yang nantinya disharing melalui wireless. Dengan kata lain setiap komputer atau rumah diharuskan memiliki wi-fi..
tadinya tujuan dibuat RT/RW net ini adalah biar internet murah! ^^ simple reason.. hehehe...
cuma ternyata banyak kendala, di perumahan saya animo atau ketertarikan sangat kurang, selain karena merasa bukan kebutuhan utama,di perumahan saya kebanyakan penghuninya orang kantoran, dan jika punya anak pun, belum ada yang seumuran saya ^^, jika yang orang kantor mereka bilang kalau dikantor sudah menggunakan internet, kalau dirumah juga pakai internet merasa waktu dengan keluarga kurang, sedangkan kalau pasang untuk anak yang masih kurang butuh, malah menjadikan ancaman jika terjadi penyelewengan penggunaan internet, jadinya mereka kurang tertarik.
Karena kurang tertariknya itu, biayanya pun kurang untuk membuat konsep seperti ini, sehingga tidak jadi membuat RT/RW net tersbut, padahal kalau di hitung untuk murah mana sama jika setiap orang pasang sendiri-sendiri internet di rumah, jauh lebih murah jika menggunakan RT/RW net itu.

Sebenarnya saya sendiri tidak tahu persis berapa biaya yang bisa kita keluarkan untuk membangun suatu RT/RW net, karena saya disini hanya menuliskan apa itu RT/RW net secara garis besar,
tapi jika kita search di paman google, banyak yang membahas hal tersebut, berikut dengan harganya.. =)



No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 I'm Writing About Knowledge. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree