21 Nov 2009

Mari Belajar (kunci belajar yang mudah)



Ini blog pertama saya yang isiny agak hmmm... "pintar?" ^.^ ya jujur aj.. biasa punya blog isiny curhatan (baca : ngedumel) saja.. dan kali ini ingin sedikit dibuat spesifik lebih kearah yang lebih berisi,biar sedikit pada tau kalo saya lumayan berisi kok otaknya.. walopun cuma lumayan..
-----------------------------------------------
Saya dulu pernah berpikir *walopun skrg jg suka mikir* apa sih belajar itu, kenapa harus belajar, ada atau tidak cara mudah untuk belajar... ya mudahnya sih saya juga udah punya jawaban.. belajar itu = beli buku,baca buku,denger berita,ke perpustakaan kesekolah yang pasti,, kenapa harus belajar? ya biar pintar.. cara mudah untuk belajar?
nah ini yang sampai saat ini saya belum menemukan.. tapi selama saya belum menemukan cara tersebut, saya ya sok berprinsip "let it flow" dan ada pengalaman dimana saya merasa ga butuh nyari gimana cara gampang untuk belajar,kalau mau belajar ya belajar aja, asal ada niat.. begini ceritanya :

waktu itu saya lg jalan pagi *menguruskan badan (yg tnyt ga kurus2)* saat saya istirahat saya beli teh b*t*l ada bapak2 lagi baca koran.. dan kalian tau apa yang bapak itu baca.. judulnya adalah "Harian guo ji ri bao" dalam hati saya itu bapak canggih bener beli koran import! karena penasaran saya tanya sama beliau :
saya : "pak..koran darimana pak.. kok saya asing sm namanya"
si bapak : "saya suka dapet kalau lg keliling neng..."
saya : "oow.. bahasanya mandarin ya pak?"
si bapak : "iya.. bisa bahasa mandarin neng?"
saya : "bisa pak,ngedenger doank,sm harus ada teksnya" *keinget film meteor garden*
mungkin kata si bapak dalam hatinya : "niy se cwe otaknya konslet abis jalan2 apa ya"
saya : "bapak bs ya bahasa mandarin.. abis bapak mukany indonesianus sekali sih *pasang muka pede*"
si bapak : "saya ga bisa neng.. cuma saya penasaran, pengen tau, kata orang klo sering baca2.. cepet ngerti.. drpd saya ke cina, mending saya belajar sendiri aja..yang penting sering2 baca aja.."

dan pelajaran yang saya petik dr pembicaraan pagi itu adalah, sering2 baca kayanya hal yg mudah deh buat belajar.. cuma ada satu hal yang saya sayangkan dari usaha si bapak..
dear bapak : pak..saya tau kalo bapak ingin bisa bahasa mandarin, tapi pak.. kalo bapak hanya bermodalkan koran yang bener2 ga ada tulisan indonesianya.. how comeeee... udah gtu bapak ga punya kamus pula.. >.< tapi saya sih kagum sm niat bapak,dan keinginan untuk menguasai sesuatu.. setidaknya saya bisa tahu bahwa memang belajar itu bisa mudah kok, bahkan tanpa uang,, asal rajin baca dan punya niat.. hehehhe...

thx to si bapak yang saya tdk tahu namanya.. si pencari sampah di kompleks rumah.. :)

chao..

No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 I'm Writing About Knowledge. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree