20 Feb 2013

AS400 Basic

haha..
stlh beberapa tahun vakum dr blog ini.. dan karena s2 saya sudah berakhir saya hampir lupa dengan blog saya yg 1 ini..

banyak knowledge yg saya dapat akhir2 ini selain dari apa yg saya tulis sebelum2nya..
knowledge yg sbenarnya saya justru tidak mempelajarinya..
baik selama kuliah s1 hingga kuliah s2..

yes.. saya memasuki dunia baru yaitu core banking yang menggunakan AS400..
wow! saya selama ini belum pernah bahkan dengar pun jarang tentang yg system yg 1 ini..

for your info aja sih. sekalian saya refresh basic dari si AS400 itu sendiri..

Apa sih AS400 itu?
hmmm.. itulah masalahnya.. dikarenakan saya tidak memiliki latar belakang di mesin tersebut.. saya pun secara teori tidak tau apa itu as400 selain AS400 adalah keluaran IBM ^^..
yg jelas.. mesin ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan sekali untuk banking2...

kaya gimana rupa AS400 itu..
kira2 seperti ini :

Apa saja yg bisa dilakuin di AS400 ini :

sebenernya ini sama kaya layar windows yg biasa kita liat.. ada folder.. ada library.. ada isi2nya...
bisa create folder.. bisa create library.. bisa create file.. bahkan bisa copy paste juga..
hanya saja bedanya.. ini dibuat secara manual.. :) dan tentu saja.. ini juga bisa buat program.. dengan catatan.. program ini ya dibuat untuk dijalankan di AS400 itu sendiri..

Monitoring
AS400 juga digunakan untuk monitoring sistem2 yg dimiliki oleh bank..
(sorry ya.. kl bahasnya as400 for banking.. krn spesialis gw kebetulan di bank..) jadi sistem yg dimiliki oleh banking yg transaksinya menggunakan AS400 sistem ini.. maka bisa dimonitoring..
mungkin bisa dibilang AS400 ini all in one.. bisa segalanya.. mungkin sama ky (balik lg di windows) ada task managernya dan ada melihat process apa saja yg sedang running..

nah task manager dan run process monitoring versi AS400 adalah seperti ini :


 mungkin ada juga yg bertanya2.. buat program di AS400 itu gimana..
pernah tau program RPG.. nahh.. itu dia namanya.. kebetulan saya bukan programmernya.. cuma untuk sedikit-sedikit tau lah bagaiman prosesnya.. kalau di website.. kita bisa buat program menggunakan notepad, sedangkan bentuk layar RPG sendiri hanya seperti ini :


mirip-mirip editplus lah ya.. :D

ya kira2 begitu dulu saya memperkenalkan tentang AS400 yg saya tidak ketahui sama sekali basicnya.. :p
untuk yg mau menanyakan tentang teori AS400 jangan ke saya.. karena saya learner by doing.. ;)
kalo mau tanya langsung tentang actionnya aja yah..

see yaa...

No comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 I'm Writing About Knowledge. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemesfree